Pertunjukan Budaya dan Akal Sehat - Sal Murgiyanto



Terbitnya dua buku Sal Murgiyanto berjudul Pertunjukan Budaya dan Akal Sehat serta Kritik Pertunjukan dan Pengalaman Keindahan merupakan kabar gembira bagi para peneliti, pengkaji, pemerhati, dan pelaku seni di Indonesia. Pasalnya, buku-buku seni tetaplah langka, kendati tidak bisa dikatakan tidak ada. Selain karena jumlah pemikir dan penulisnya yang terbatas, buku-buku seni juga jarang diterbitkan karena pangsa pasarnya yang dipandang tidak menjanjikan oleh kebanyakan penerbit. Mengingat hal itu, maka terbitnya kedua buku ini adalah laksana rinai di tengah kemarau. Apalagi, penulisnya, Sal Murgiyanto, adalah salah seorang dari sedikit penulis tentang seni pertunjukan yang pikiran-pikirannya sangat dinantikan oleh para pelaku dan pemerhati seni.


Salah satu buku baru dari Sal Murgiyanto berjudul Pertunjukan Budaya dan Akal Sehat ini diterbitkan oleh komunitas Senrepita Yogyakarta bersama FSP IKJ. Senrepita, adalah sebuah komunitas yang berupaya menumbuhkan karya dan wacana tari--kontemporer khususnya—serta memajukan kegiatan budaya pada umumnya. Senrepita merupakan singkatan dari “Sentonorejo 7 (pitu) A,“ kediaman Sal Murgiyanto yang menjadi sekretariat komunitas ini. Bermula dari gagasan untuk mengembangkan wacana dan karya tari di Yogyakarta melalui pergelaran dan diskusi dalam lingkup terbatas, bersama Anastasia Melati, Sal mengembangkan kegiatan ini hingga resmi berdiri bulan Maret 2014. Bulan Agustus 2014, Senrepita turut memprakarsai dan mengorganisir program Coaching Clinic Menuliskan Pertunjukan (CCMP) yang dihelat di Jakarta, Surakarta, Cirebon, dan Yogyakarta, untuk mempertemukan sejumlah penulis dan kritikus seni pertunjukan dari seluruh Indonesia dalam sebuah “klinik.” Selain terus menyelenggarakan gelar dan diskusi tari, Senrepita kini tengah memusatkan kegiatannya pada penerbitan buku-buku tentang kritik dan acuan menuliskan seni pertunjukan.


Buku Pertunjukan Budaya dan Akal Sehat ini semula hanya dicetak terbatas sejumlah 250 eksemplar. Buku itu segera habis dalam waktu kurang dari dua bulan. Untungnya, kini buku tersebut telah dicetak ulang. Buku ini memuat 19 esai tentang pertunjukan dalam hubungannya dengan tiga tema besar: dunia kajian, budaya, dan pendidikan seni yang disimpulkan dalam sebuah konsep, yakni ‘pertunjukan budaya.’ Esai-esai itu pada dasarnya membaca secara kritis hubungan reflektif dan refraktif antara praktek pertunjukan di Indonesia dengan konsep-konsep budaya yang menjadi lingkungan kreatifnya. Melalui pembahasan atas isu-isu seni masa kini, antara lain: tradisi, modernitas, demokrasi, interkulturalisme, lokalitas dan globalisasi, esai-esai dalam buku ini secara umum merekomendasikan satu perspektif tentang pentingnya peranan ‘akal sehat.’ Perspektif tersebut dipandang penting untuk mengimbangi tradisi pertunjukan yang seringkali terkesan berbasis pada dorongan intuisi semata-mata, tentunya tanpa mengurangi apresiasi pada pentingnya pengasahan atas ‘kepekaan rasa.’


Judul Buku : Pertunjukan Budaya dan Akal Sehat
Penulis : Sal Murgiyanto
Editor: Dede Pramayoza
Penerbit : Penerbit FSP IKJ dan Komunitas SENREPITA
Tebal : xiv + 360 Halaman
No ISBN : 978-602-72790-0-1
Cetakan II : Januari 2016
Cover : Soft Cover
Kertas : Bookpaper 70 gr Ukuran : 15 × 23 cm
Harga : Rp. 90.000 (+ongkir)
Order : 082392131488 (SMS/WA a.n Dede Pramayoza)